Wednesday, February 27, 2013

Mumpung masih muda. (a 'short escape' post)

Sering banget denger kata-kata orang yang intinya persis kayak gini. Termasuk kata-kata saya sendiri sih. Mumpung masih muda, ambil semua kesempatan buat belajar dan berkarya apapun sebanyak mungkin, walaupun berat, walaupun bakalan banyak yang harus dikorbankan. Saya termasuk orang yang percaya sama kesempatan berkarya yang ga boleh disia-siakan. Mungkin emang dasarnya ga bisa bilang "nggak" dan emang dasarnya selalu penasaran sama segala hal, rasanya saya hampir ingin mengiyakan semua ajakan orang untuk ini-itu di kegiatan-kegiatan kemahasiswaan, terutama yang berhubungan dengan seni dan kebudayaan.

Tapi saya sering banget lupa sama berapa banyak hal yang harus saya korbankan. Saya kadang mengorbankan sesuatu untuk suatu kesempatan tanpa mikir kesempatan itu worth it atau nggak. Sampe akhirnya saya ngerasa apa yang saya korbankan itu kok kayaknya lebih berharga.

Kayak sekarang, rasanya susah ya tidur dan belajar tenang, padahal kalo dibandingin sama temen-temen lain yang dapet tanggung jawab lebih besar, saya bukan apa-apa. Takut salah ngambil keputusan dan dicap sebagai penanggung jawab yang buruk. Secure feelings, itu rasanya mahal banget buat saat-saat super sibuk kayak gini. Apalagi kita tetep harus inget tanggung jawab kita sejak lahir, jadi anak ibu-bapak yang baik dan berbakti pada nusa bangsa. Rasanya berat banget sumpah.

Namun, balik lagi. Kesempatan untuk belajar itu jauh lebih mahal. Walaupun sekarang rasanya murah, rasanya pengen kamu buang jauh-jauh, rasanya pengen sembunyi di balik selimut sampe waktu pertanggungjawaban selesai. Akan ada saatnya kamu sangat ga menyesal pernah "merasakan sendirian" rasanya mengangkut beban tanggung jawab seberat galaksi bimasakti di pundak. Akan ada saatnya kamu sangat ga menyesal pernah gegabah mengambil suatu keputusan yang berujung fatal.

Karena, mumpung kita masih muda, masih belajar, masih bisa berbuat salah. Berbuat salahlah selagi kamu bisa, selagi masih dikasih kesempatan sama Allah belajar untuk menjadi lebih benar. :)

---


Intermezzo. Foto bareng cewek-cewek Mesin ITB 2011. Kurang Saniy sama Ai.
Masuk mesin juga termasuk salah satu kesempatan yang sempat saya sesali sesaat namun kemudian saya syukuri sampai kapanpun. Ngambil kesempatan jadi cewek mesin, membuka kesempatan buat belajar macem-macem hal. Contohnya, karena kurangnya SDM kalo olimpiade atau pertandingan-pertandingan, cewek mesin harus bisa olahraga, minimal basket atau futsal. Cewek 'cem gua gini :') Diawalin dengan sejuta kepesimisan, akhirnya saya mulai seneng main basket dan gak nyangka ternyata main basket itu seru. Kalo dalam konteks postingan ini, gak nyangka kalo 'belajar' main basket itu seru. Banget. Walaupun latihannya subuh banget, jam 6 pagi hari Jumat.
Foto ini diambil pas kelas Elemen Mesin dan dosennya ga dateng-dateng. 

Ngomong-ngomong Elemen Mesin, I should having that homework of elmes done this night. And fluid mechanics' also. HISHAIUSHAIUS semangat mumpung masih muda!

No comments: